You are here:
Home » Peyalanan Publik Tata Usaha

Peyalanan Publik Tata Usaha

(a). Jenis Layanan            : Legalisir Ijazah / Raport

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan Fc.SKHU / Ijazah / Raport  dan SKHU / Ijazah / Raport asli
3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima fc SKHU / Ijazah / Raport
  2. Petugas meneliti keaslian dari fc. SKHU / Ijazah / Raport
  3. Petugas menyetempel fc. SKHU/Ijazah/Raport untuk ditandatangani Kepala Sekolah
  4. Pelanggan menerima berkas yang sudah di tanda tangani / legalisir Kepala Sekolah
4 Jangka waktu penyelesaian 10 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Fc . SKHU / Ijazah / Raport Yang sudah dilegalisir Kepala Sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –    Meja 

–    Buku Agenda

–    Stempel

–    Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –    Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–    Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –     1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Apabila sudah memenuhi syarat dan sesuai dengan ijasah/ Raport/ SKHU yang asli maka berkas sudah bias di tanda tangani KS
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

 

 

 

 

 

(b). Jenis Layanan            : Pengajuan Keringanan Biaya Pendidikan

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan –       Surat permohonan 

–       Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW

–       Fc. KTP, Fc. KK, KTM

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas meneliti berkas dan mengadakan wawancara dengan orangtua
  3. Petugas memberikan hasil wawancara & berkas kepada Kepala Sekolah
  4. Kepala Sekolah memberikan persetujuan keringanan
4 Jangka waktu penyelesaian 1 hari
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah dan komite
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Apabila sudah memenuhi persyaratan maka pelanggan memperoleh keringan biaya pendidikan
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

 

 

 

(c). Jenis Layanan            : Pengajuan Kenaikan Pangkat

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan Berkas penilaian dari kepala sekolah 

Fc. SK PAK terakhir

Fc. SK terakhir

Fc. Sertifikat selama masa penilaian

Fc. Ijazah terakhir

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas meneliti kelengkapan berkas dan menyetempel untuk ditanda tangani kepala sekolah
  3. Berkas sudah ditanda tangani Kepala Sekolah
  4. Berkas dikirim ke Dinas Pendidikan
4 Jangka waktu penyelesaian 15 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Berkas lengkap dikirim ke Dinas Pendidikan untuk mendapatkan surat pengantar ke BKD Pemkot Tasikmalaya
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

 

 

(d). Jenis Layanan            : Pengajuan Pensiun

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan –       Berkas penilaian dari kepala sekolah 

–       Fc. SK Pertama ( Capeg )

–       Fc. SK pangkat terakhir

–       Fc. SK Berkala terakhir

–       Fc. Karpeg

–       DP 3 ( 2 tahun terakhir )

–       Fc. Surat nikah dilegalisir ( KUA asal )

–       Fc. Kartu Keluarga dilegalisir

–       Surat keterangan tidak pernah dihukum disiplin tingkat sedang/berat

–       Daftar riwayat pekerjaan

–       Daftar penerima calon pensiun ( DPCP )

–       Pas foto 4×6 ( 6 lembar )

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas menyetempel berkas untuk dilegalisir Kepala sekolah
  3. Petugas mengirim berkas ke Dinas Pendidikan untuk di ajukan ke BKD Pemkot Tasikmalaya
4 Jangka waktu penyelesaian 15 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Berkas yang sudah lengkap dari Dinas Pendidikan dikirim ke BKD Pemkot Tasikmalaya untuk diproses penerbitan SK Pensiun
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

 

 

 

 

(e). Jenis Layanan            : Pengajuan Mutasi Guru / Pegawai

 

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan Surat permohonan mutasi / sura usulan dari Kepala Sekolaht 

Fc. SK PAK terakhir

Fc. SK terakhir

DP 3/ SKP

Surat kesediaan menerima

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas mengajukan kepada kepala sekolah untuk ditanda tangani
  3. Berkas lengkap dikirim ke Dinas Pendidikan
4 Jangka waktu penyelesaian 15 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda surat keluar

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Penerbitan SK dari Dinas Pendidikan
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

(f). Jenis Layanan : Pengajuan Pengganti Ijazah hilang / rusak

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat keterangan ijazah rusak dari Kepala Sekolah

Surat keterangan hilang dari Polisi

Fotocopy buku induk

Fotocopy raport

Pas foto

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas meneliti ijazah yang rusak
  3. Petugas meneliti berkas pengajuan ijjazah yang hilang
  4. Petugas menyetempel berkas dan minta tanda tangan kepada Kepala Sekolah
  5. Petugas memberikan berkas yang sudah ditanda tangani kepala sekolah kepada pemohon untuk dibawa ke Dinas Pendidikan
4 Jangka waktu penyelesaian 15 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda surat keluar

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Surat keterangan yang telah ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

 

 

 

(g). Jenis Layanan            : Pengajuan Mutasi Siswa Masuk & Keluar

 

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat Keterangan kesediaan menerima dari sekolah yang dituju

Fc. Raport

Pas Foto

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah lengkap
  2. Petugas membuatkan surat keterangan mutasi untuk ditanda tangani oleh kepala sekolah
  3. Pemohon menerima berkas dan surat keterangan untuk dibawa ke Dinas Pendidikan setempat dan Sekolah tujuan
4 Jangka waktu penyelesaian 15 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Berkas pengajuan yang telah di acc oleh kepala sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda surat keluar

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Surat keterangan yang telah ditanda tangani Kepala Dinas Pendidikan untuk pemohon
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan

(h). Jenis Layanan            : Pengajuan Observasi / Ijin Penelitian

NO KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum SK Kepala Sekolah
2 Persyaratan Pelayanan Surat permohonan 

Surat ijin Penelian/observasi dari instansi terkait

Rekomendasi dari Dinas Pendidikan

3 Sistem, mekanisme & prosedur
  1. Petugas menerima surat pengajuan dari pemohon dan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan
  2. Kepala Sekolah memberikan ijin penelitian / observasi
  3. Pemohon melaksanakan penelitian / observasi di sekolah selama waktu yang telah ditentukan
  4. Petugas membuat surat keterangan bahwa pemohon telah melakukan penelitian / observasi disekolah
4 Jangka waktu penyelesaian 15 menit
5 Biaya / tarif
6 Produk pelayanan Surat keterangan yang telah disetujui Kepala Sekolah
7 Sarana, prasarana & fasilitas –       Meja 

–       Buku Agenda surat keluar

–       Stempel

–       Pulpen

8 Kompetensi Pelaksana –       Mempunyai kemampuan melaksanakan tugas 

–       Mempunyai sikap teliti, komunikatif, responsive dan sopan

9 Pengawasan internal Kepala Tata Usaha
10 Penanganan pengaduan, saran dan masukan Apabila pelanggan kurang puas dengan pelayanan maka diarahkan kepada bagian pengaduan
11 Jumlah pelaksana –       1 orang
12 Jaminan pelayanan 1 hari tuntas
13 Jaminan keamanan & keselamatan pelayanan Surat keterangan yang telah ditanda tangani oleh kepala sekolah untuk kepentingan pemohon didalam  instansi terkait
14 Evaluasi kinerja pelaksana Kinerja lebih ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan