You are here:
Home » Sejarah SMAN 4 Tasikmalaya

Sejarah SMAN 4 Tasikmalaya

SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA SEKILAS SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA

SMA Negeri 4 Tasikmalya resmi beroperasi sebagai institusi pendidikan pada tahun ajaran 1983/1984.Cikal bakal (embrio) SMA Negeri 4 Tasikmalaya adalah SMA Negeri Cilembang dengan status filial SMA Negeri 1 Tasikmalaya.
Pada proses awal berjalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) Di SMA Negeri 4 Tasikmalaya diikuti oleh siswa kelas 1 angkatan pertama tercatat sebanyak 192 orang, terdiri dari siswa perempuan 79 orang, siwa laki-laki 113 orang dan menempati 4 lokal ruang belajar dari 6 lokal ruang belajar yang ada. Tenaga pengajar perintis adalah Guru-guru mutasi dari SLTP dan SLTA yang ada di Kota Tasikmalaya.

Latar belakang sejarah berdirinya SMA Negeri 4 Tasikmalaya tidak terlepas dari hubungannya dengan sebuat media cetak terbesar dan berpengaruh di Jawa Barat yaitu harian umum Pikiran Rakyat Bandung. Bangunan institusi pendidikan yang berdiri diatas areal tanah seluas 4.855m2 dan terletak di blok cimanggu Cilembang persil No. 52 kelas Vc Kohir No. 1341 dengan status tanah kas desa/kelurahan/Nagarawangi ini adalah merupakan hibah sebagai bagian proyek kemanusiaan penaggulangan bencana alam galunggung dan sumbangsih serta kepedulian harian umum Pikiran Rakyat kepada masyarakat Tasikmalaya.
Dengan rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat 2 Tasikmalaya, Kolonel H. Hudly Bambang Aruman dan dukungan instansi terkait lain serta restu Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat, SMA Negeri 4 Tasikmalaya berdiri dan diresmikan tanggal 3 November 1983. Pengerjaan bangunan fisik yang terdiri dari 6 lokal ruang belajar masing masing berukurang 8X9 meter dan 1 local ruang kantor dilaksanakan oleh kontraktor CV. Pelita Jaya Tasikmalaya. Pada tanggal 7 mei 1984 Bupati Tasikmalaya dengan resmi menyerahkan bangunan SMA Negeri 4 Tasikmalaya berikut peralatannya kepada kepala KANDEPDIKBUD Kabupaten Tasikmalaya sebagai lambaga yang berwenang dan bertanggung jawab dalam bidang operasionalnya.
Untuk kelancaran jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA Negeri 4 yang berafiliasi ke SMA Negeri 1 Tasikmalaya ini, kepala KANDEPDIKBUD Kabupaten Tasikmalaya menugaskan kepala SMA Negeri I Tasikmalaya Drs.Tatang Hasli Pagih sebagai pejabat sementara kepala SMA Negeri 4 Tasikmalaya.Seiring dengan bergulirnya waktu,tahun 1986 SMA Negeri Cilembang yang masih berstatus filial SMA Negeri 1 Tasikmalaya berubah status menjadi SMA Negeri 4 Tasikmalaya berlandaskan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0887/0/1986 Tgl. 22 Desember 1986.
Titimangsa bulan Desember tersebut menjadi tonggak penentu bahwa SMA Negeri 4 Tasikmalaya mesti mandiri untuk mengembangkan potensi diri sendiri untuk menyongsong masa depan.Tahun ajaran 1985/1986 adalah awal sejarah bagi SMA Negeri 4 Tasikmalaya untuk mewisuda siswa lulusan angkatan pertama.Tahun 1998 statur atas hak tanah yang ditempati SMA Negeri 4 Tasikmalaya dikukuhkan dengan terbitnya sertifikat hak pakai tanah Nomor 9 berdasarkan SK Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional propinsi Jawa Barat Nomor 896/HP/KWBPN/1998 Tgl. 23 Februari 1998. Penerbitan sertifikat tanggal 24 Maret 1998 oleh kantor Badan Pertanahan Nasional Tasikmalaya.Di tengah dinamika kehidupan yang terus berubah dan penuh warna persaingan sesuai dengan arus kemajuan ilmu dan teknologi, sebagai lembaga pendidikan formal SMA Negeri 4 Tasikmalaya senantiasa berusaha terus untuk mengukuhkan ekssistensinya dan mengingkatkan kualitas menjadi salah satu sekolah Favorit terpandang dan berwibawa sesuai dengan Visi dan Misi yang di sandangnnya.
Memasuki usia yang ke 24, SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebagai sebuah almamater sejak berdiri tahun 1983/1984 sampai sekarang 2007/2008 telah melahirkan alumni sebanyak 6576 orang lebih dan dalam kurun waktu selama itu secara kronologis tercatat 10 orang telah menjadi pucuk pimpinan sekolah ini disamping tenaga pengajar dan tenaga administrasi (TU) yang datang dan pergi silih berganti juga peran serta orang tua/wali/siswa yang tergabung dalam kepengurusan organisasi BP-3/Dewan Sekolah mempunyai andil yang tidak kecil untuk kelangsung dan kemajuan sekolah.
SMA Negeri 4 Tasikmalaya saat ini telah membuktikan diri menjadi sebuah lembaga pendidikan tingkat menengah yang berkualitas dan bergengsi sehingga bisa diterima dengan penuh antusias oleh segenap lapisan masyarakat.