You are here:
Home » Berita » Uji Petik Ujian Nasional 2011

Uji Petik Ujian Nasional 2011

April 19, 2011 by  
Posted in: Berita

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan melakukan uji petik dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini untuk melihat kredibilitas penyelenggaraan ujian. Plt Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendiknas Suyanto mengatakan, tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

dimana untuk mengukur kredibilitas UN di daerah maka pemerintah pusat atau dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendiknas akan melakukan sampelisasi terhadap setiap anak dan sekolah di daerah terpilih.

 

“Akan ada metodologi khusus yang disusun oleh Balitbang untuk mengetahui seberapa kadar kejujuran siswa dan sekolah pada saat UN berlangsung,” ujarnya, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (25/3/2011).

Suyanto menggambarkan, seperti perbandingan antara nilai UN yang didapat dengan nilai sekolah. Katanya, kalau perbedaan antara kedua nilai itu sangat jauh maka ada indikasi kecurangan yang terjadi.

Selain itu, tambahnya, Kemendiknas akan melihat hasil nilai UN secara intensif per lembar jawaban. Kalau 95 persen siswa letak kesalahan menjawabnya sama maka ada pembiaran aksi contek mencontek atau kebocoran soal yang terjadi di kelas.

“Kami akan melihat sejauh mana kredibilitas sekolah dan siswa dalam UN tahun ini sebagai bahan evaluasi ujian tahun mendatang,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kemendiknas menjadwalkan UN utama SMA tahun ini ialah 18-21 April sementara susulan dilakukan pada 25-28 April dan pengumuman hasil ujian pada 16 Mei. Sementara untuk tingkat SMP dilakukan pada 25-28 April dan susulannya pada 3-6 Mei dan pengumuman pada 4 Juni.

(Sumber : http://ujiannasional.org/)


Tell us what you think

Tell us what you're thinking about this content! Get a personal pic from Gravatar and share your thoughts!