You are here:
Home » Berita » ASEAN Goes to School di SMAN 4 Tasikmalaya

ASEAN Goes to School di SMAN 4 Tasikmalaya

April 15, 2011 by  
Posted in: Berita, Event


jumat 15 april 2011 SMAN 4 Tasikmalaya dikunjungi oleh beberapa pejabat dari Direktorat Jendral Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri Indonesia. Kunjungan tersebut tidak lain untuk memberikan sosialiasi kepada para siswa dan guru tentang Keketuaan Indonesia dalam organisasi ASEAN.


Sosialisasi yang diberi judul “Sosialisasi Mengenai Keketuaan Indonesia dalam Organisasi ASEAN dan Piagam ASEAN serta Pembentukan Komunitas ASEAN 2015, Dalam Rangka ASEAN Goes To School” ini diadakah oleh Dirjen Kerjasama ASEAN Kementrian luar negeri Indonesia di 35 provinsi di Indonesia .Untuk wilayah Tasikmalaya hanya 2 sekolah yang dikunjungi oleh dirjen kerjasama asean. Merupakan sebuah kehormatan SMAN 4 Tasikmalaya terpilih untuk sosialisasi Keketuaan ASEAN ini.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 4 Tasikmalaya Drs. Tatang Rusdani, M.Pd. kemudian dilanjut dengan sambutan dari Kabid Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima plakat dari Dirjen Kementrian Luar negeri untuk SMAN 4 Tasikmalaya sebagai bentuk dokumentasi atas berlangsungnya kegiatan sosialisasi tersebut.Kegiatan inti dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Bpk. Iman yang merupakan Kasubag Rumah tangga Dirjen Kerjasama ASEAN Kementrian luar negeri.

Dari Hasil Sosialisasi tersebut ditekankan pemahaman kepada siswa tentang arti ASEAN,Pembentukan komunitas ASEAN 2015, Peran penting ASEAN dalam beberapa bidang seperti ekonomi, politik, dan kebudayaan, dan juga Peran besar Indonesia di dalam tubuh organisasi ASEAN, mengingat untuk tahun 2012 Indonesia menjadi Ketua ASEAN.

Sosialisasi berjalan dengan sangat baik, antusiasme siswa terhadap pemateri dan materi sosialisasi yang disajikan terbilang tinggi. Hal ini dibuktikan banyaknya siswa yang bertanya ketika sesi tanya jawab berlangsung. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan pemahaman siswa dan guru terhadap organisasi ASEAN lebih bertambah dan juga menyiapkan mental siswa terhadap era globalisasi yang semakin mempengaruhi kehidupan ekonomi negara negara di asia tenggara khususnya indonesia.


Tell us what you think

Tell us what you're thinking about this content! Get a personal pic from Gravatar and share your thoughts!