You are here:
Home » Akademik » Pembinaan Profesi Guru melalui Kegiatan On-Service Lesson Study (Oleh: Drs.Dodi Syamsuduha,MPd.)

Pembinaan Profesi Guru melalui Kegiatan On-Service Lesson Study (Oleh: Drs.Dodi Syamsuduha,MPd.)

February 26, 2011 by  
Posted in: Akademik

Profesionalisme guru, merupakan persoalan kompleks yang akhir-akhir ini tidak pernah henti-hentinya didiskusikan, terutama dalam kaitannya dengan sertifikasi guru. Diantara program-program pembinaan profesi secara terstruktur yang dapat mendorong terjadinya peningkatan profesionalisme guru adalah pre-service, in-service, dan on-service teacher training program.

Semakin banyak model pembelajaran yang diamati melalui program terstruktur ini, semakin baik pula para guru memahami potensi yang terkandung dalam berbagai model pembelajaran beserta implementasinya di dalam kelas. Dalam kegiatan on-service lesson study ini dapat meningkatkan profesionalisme guru matematika.

Lesson Study yaitu suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar . Tahap-tahap Lesson Sudy meliputi perencanaan (Plan), implementasi dan observasi (Do), serta refleksi (See). Dalam hal ini berlaku prinsip kolegalitas dalam bentuk penelitian bersama terhadap kualitas pengajaran yang dilakukan guru, sehingga Lesson Study dapat digunakan guru sebagai ajang penelitian yang dilakukan guru-guru dalam proses pembelajaran mereka sehari-hari untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka.

Kesan bahwa proses pembelajaran itu adalah membosankan, dapat berangsur-angsur hilang jika dalam setiap proses pembelajaran sebagian besar siswa merasa senang belajar. Hal itu dapat tercapai oleh seorang tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya, yaitu guru yang menguasai konsep-konsep yang diajarkan dan memiliki metode yang tepat untuk menyampaikannya pada siswa sesuai dengan kebutuhan siswa dan materi yang akan disampaikan, sehingga siswa menjadi senang belajar.

Guru yang kompeten terbentuk melalui pengalaman dan peningkatan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan, materi ajar maupun metodologinya. Melalui kegiatan on-service Lesson Study hal itu diharapkan dapat tercapai, karena:

  1. Lesson study memungkinkan guru bertambah pengetahuan dan pengalaman hasil sharing pendapat dengan sesama guru.
  2. Lesson study mengungkapkan kebutuhan siswa dalam belajar, sehingga guru dapat meningkatkan kualitas kinerjanya pada pembelajaran selanjutnya sehingga pembelajaran makin sesuai dengan kebutuhan siswa.
  3. Lesson study mengandung nilai evaluatif dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan, baik dari guru satu bidang studi, guru lain, pengawas, kepala sekolah, dan stake holders (pemangku kepentingan) lainnya, sehingga dapat memperkaya pengalaman guru.
  4. Lesson study mempermudah fungsi supervisi kepala sekolah, sebab kepala sekolah dapat langsung menilai kinerja guru dan langsung merevisinya.
  5. Prinsip utama Lesson Study adalah terus berlangsungnya perubahan pembelajaran pada tingkat yang lebih baik. Jika guru sudah merasa baik dalam melaksanakan pembelajaran, maka pada saat itulah Lesson Study ”mati”


Tell us what you think

Tell us what you're thinking about this content! Get a personal pic from Gravatar and share your thoughts!