You are here:
Home » Akademik » SEPUTAR MGMP oleh : Dra. Henny Martiani

SEPUTAR MGMP oleh : Dra. Henny Martiani

February 8, 2011 by  
Posted in: Akademik

MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran) merupakan organisasi non struktural berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No 38/1994. Menurut pedoman yang diterbitkan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah,MGMP memiliki 5 tujuan sebagai berikut :

a) Mendorong guru untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mereka dalam merencanakan,melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan belajar mengajar;

b) Wadah untuk merundingkan masalah yang dihadapi guru,dalam melaksanakan kewajibannya sehari-hari dan untuk mencari pemecahan yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang bersangkutan,guru,kondisi sekolah

dan masyarakat

c) Memberi kesempatan kepada para guru untuk berbagi informasi dan pengalaman mengenai pelaksanaan kurikulum

serta mengembangkan sains dan teknologi

d) Menyediakan kesempatan bagi para guru untuk menyampaikan pendapat mereka pada pertemuan MGMP

sehingga meningkatkan kemampuan mereka

e) Membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga lain untuk menciptakan proses belajar menahjar yang kondusif, efektif dan menyenangkan;

Jadi keberadaan MGMP itu diharapkan dapat mengembangkan profesi guru, akan tetapi kenyataan di lapangan

masih banyak hambatan dan masalah untuk mewujudkan tujuan MGMP karena beberapa alasan berikut :

~ Organisasi MGMP berada di Tingkat kabupaten/kota sehingga kegiatan-kegiatan menjadi tidak efektif dan tidak

sesuai dengan kebutuhan para guru di daerah

~ Kegiatan MGMP biasanya dirancang berbasis proyek, kalau ada biaya baru diadakan kegiatan dan bukan atas

inisiatif guru

~ Tidak seluruh guru dapat mengikuti kegiatan MGMP,biasanya sekolah hanya mengirimkan wakil-wakilnya saja karena

keterbatasan biaya yang disediakan di sekolah

~ Guru-guru di daerah terpencil sulit menghadiri kegiatan MGMP yang biasanya diselenggarakan di pusat

kabupaten/kota karena hambatan waktu, transportasi dan biaya

~ Sejumlah sekolah mengabaikan “hari MGMP” malah memberi tugas mengajar yang penuh kepada guru pada hari

pertemuan MGMP

~ Sebagian guru tidak merasa tertarik dengan kegiatan MGMP karena mungkin guru merasa kurang merasakan

manfaat bagi dirinya

Bagaimana cara memecahkan hambatan-hambatan tersebut? padahal kegiatan pelatihan Tingkat Provinsi terbatas bagi sebagian kecil guru karena keterbatasan biaya dan pembagian waktu mengajar kepada siswa agar siswa tidak terlantar karena guru-guru mgikuti Pelatihan di luar kota.

Karena itu mungkin salah satu solusi agar tujuan MGMP tercapai denganmeningkatkan kegiatan MGMP tingkat

Sekolah..

~semangat memajukan MGMP~



Tell us what you think

Tell us what you're thinking about this content! Get a personal pic from Gravatar and share your thoughts!