You are here:
Home » Berita » Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020-2021

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020-2021

May 27, 2020 by  
Posted in: Berita, Event

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) tahun 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pendaftaran akan dilakukan sepenuhnya dalam jaringan (online) serta dibuka dalam dua tahap, yakni tahap pertama pada tanggal 8-12 Juni 2020 dan tahap kedua tanggal 25 Juni hingga 1 Juli 2020.

Pada PPDB SMA, tahap pendaftaran pertama diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan, dan prestasi. Sedangkan tahap pendaftaran kedua diperuntukkan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur zonasi. Bagi yang tidak diterima di sekolah tujuan saat pendaftaran pertama, bisa mendaftar pada tahap kedua dari jalur zonasi.

Informasi lebih lengkap mengenai PPDB SMA/SMK/SLB Jawa Barat 2020 bisa di akses di :

https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/

Hal-hal/ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan PPDB yang berlaku di SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebagai berikut :

A. DASAR HUKUM

  • Paraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  • Permendikbud No. 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru
  • Surat Edaran Mendikbud No. 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta didik.
  • Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Disease (Covid-19)
  • Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 37 Tahun 2020 Tentang Perubahan Peraturan Gubernur No. 31 Tahun 2020 Tentang PPDB SMA, SMK dan SLB.
  • Petunjuk  Teknis  Gubernur  Jawa  Barat  No. 422/5795-set.disdik. tentang PPDB SMA, SMK dan SLB.

B. DEFINIS JALUR PPDB

Ada  Empat  (4)  Jalur  Pilihan  yang  dapat  dipilih peserta didik yaitu :

  • Jalur Zonasi (kuota 50%) berbasis Jarak Jalur yang mempertimbangkan letak geografis, wilayah    administratif    dan    letak    sekolah terhadap domisili calon peserta didik.
  • Jalur Afirmasi (kuota 20%). Jalur penerimaan yang berasal dari Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), dibuktikan dengan kartu anggota program penanganan kemiskinan  dari  pemerintah pusat/pemerintah daerah.
  • Jalur Prestasi (kuota 25 %). Jalur penerimaan berdasarkan prestasi yang dicapai  peserta  didik  berdasarkan  perolehan nilai rapor semester 1 s.d. 5 (kuota 15 %), atau prestasi  yang  diperoleh  melalui  perlombaan/kejuaraan (kuota 10%)
  • Jalur perpindahan Tugas/Anak Guru (Kuota 5%). Jalur  penerimaan berdasarkan domisili mengikuti perpindahan tempat tugas orang tua dan / bagi anak guru/pengawas/tenaga kependidikan.

C. JALUR PPDB DAN PILIHAN SEKOLAH

NO. JALUR SMA YANG DI TUJU
1 Zonasi Dua (2) pilihan SMA dalam zonasi
2 Afirmasi (KETM) Dua (2) pilihan SMA dalam atau luar zonasi
3 Prestasi Satu (1) pilihan SMA dalam atau luar zonasi
4 Perpindahan Orangtua/Anak Guru Satu (1) pilihan SMA dalam atau luar zonasi

 

D. JADWAL PERSIAPAN PPDB

NO. TANGGAL KEGIATAN KETERANGAN
1 13 Mei 2020 Pembagian Akun ke Sekolah SMP/MTs. Akun di serahkan ke SMP/MTs. oleh Panitia PPDB Disdik Jabar melalui koordinasi dengan Tim Pendataan UN SMP/MTs.

Untuk SMP/MTs./Sederajat dari luar Provinsi Jabar/Luar Negeri bisa berkoordinasi lewat email : disdik@jabarprov.go.id

2 14 Mei 2020 Pembagian akun dari SMP/MTs. Jalur Prestasi Nilai Raport Dilakukan oleh SMP/MTs./Sederajat dapat dibantu oleh Walikelas
3 14 – 30 Mei 2020 Upload Nilai Raport SMP/MTs. Jalur Prestasi Nilai Raport Dilakukan oleh SMP/MTs./Sederajat bersama siswa atau melalui Operator di SMP/MTs.
4 15 – 18 Mei 2020 Input Kuota/Daya Tampung Sekolah (SMA/SMK/SLB) Dilakukan oleh SMA/SMK/SLB di koordinir Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XIII di :
http://sekolah.ppdb.disdik.
jabarprov.go.id
5 18 – 20 Mei 2020 Verifikasi Kuota/Daya Tampung Sekolah (SMA/SMK/SLB) Dilakukan oleh Admin Cabang Dinas Pendidikan
6 21 Mei – 5 Juni 2020 Upload dokumen khusus Jalur Prestasi Kejuaraan, Perpindahan Orang Tua, Anak Guru Online Langsung:
http://pendaftaran.ppdb.disdik.
jabarprov.go.id


Dibantu sekolah asal (SMP/MTs.)
http://sekolah.ppdb.disdik.
jabarprov.go.id
7 5 – 7 Juni 2020 Verifikasi Data Kelulusan SMP/MTs. Dilakukan SMP/MTs./Sederajat

http://sekolah.ppdb.disdik.
jabarprov.go.id

 

E. JADWAL PPDB SMA

1. TAHAPAN PERTAMA

NO. TANGGAL
KEGIATAN
MEDIA/
PELAKSANA
KETERANGAN
KEGIATAN
A April – Mei 2020 Website PPDB, Sekolah, Media lain Pengumuman Pendaftaran / Sosialisasi
B 8 – 12 Juni 2020 Online oleh pendaftar atau sekolah asal (SMP/MTs.) Pendaftaran :
– Jalur Afirmasi (KETM)
– Jalur Perpindahan  Orangtua/Anak Guru
– Jalur Prestasi
C 15 – 17 Juni 2020 Sekolah (SMA) Verifikasi data calon peserta didik yang telah diinput

Uji kompetensi prestasi kejuaraan (jika darurat covid berakhir)

Pengolahan nilai

D 18 Juni 2020 Sekolah Rapat Dewan Guru Penetapan Hasil PPDB
E 19 Juni 2020 Disdik Koordinasi Satuan Pendidikan dan Disdik
F 22 Juni 2020 Website PPDB Pengumuman
– Jalur Afirmasi (KETM)
– Jalur Perpindahan Orangtua/Anak Guru
– Jalur Prestasi
G 23 – 24 Juni 2020 Sekolah yang dituju (jika darurat covid berakhir) Daftar ulang Jalur Afirmasi (KETM), Perpindahan Orangtua / Anak Guru dan Jalur Prestasi

 

2. TAHAPAN KEDUA

NO. TANGGAL
KEGIATAN
MEDIA/
PELAKSANA
KETERANGAN
KEGIATAN
A 25, 26, 29, 30 Juni dan 1 Juli 2020 Sekolah yang dituju/online (dalam jaringan) / daring Pendaftaran Jalur Zonasi
B 2-3 juli 2020 Sekolah Verifikasi data calon peserta didik yang telah diinput
C 6 Juli 2020 Sekolah Rapat Dewan Guru Penetapan Hasil PPDB Jalur Zonasi
D 7 Juli 2020 Disdik Koordinasi Satuan Pendidikan dan Disdik
E 8 Juli 2020 Website PPDB sekolah yang dituju/ menggunakan WA Pengumuman Jalur Zonasi
F 9 – 10 Juli 2020 Sekolah yang dituju (jika darurat covid berakhir) Daftar Ulang
G 13 Juli 2020 Sekolah yang dituju (jika darurat covid berakhir) Tahun Pelajaran Baru

F. DAYA TAMPUNG PPDB SMAN 4 TASIKMALAYA TAHUN 2020

Daya tampung PPDB SMAN 4 Tasikmalaya untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk Peminatan MIPA dan Peminatan IPS sebanyak 10 Rombongan Belajar (Rombel) dengan jumlah peserta didik yang akan diterima sebanyak 340 orang dengan rincian sebagai berikut :

NO. JALUR KETENTUAN KUOTA
1 Zonasi Minimal 50%;

Kuota ABK disesuaikan dengan kemampuan sekolah dalam memfasilitasi kekhususan siswa ABK, maksimal 1 orang/rombel

168
2 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) 2
3 Afirmasi (KETM) Minimal 20% 68
4 Perpindahan Tugas Ortu (2,5%) Maksimal 5%

Komposisi kuota disesuaikan dengan kebijakan sekolah

8
5 Anak Guru (2,5%) 9
6 Prestasi Akademik (15%) Maksimal 25%

Komposisi kuota disesuaikan dengan kebijakan sekolah

51
7 Prestasi Kejuaraan/ Lomba (10%) 34
Jumlah Kuota 340

G. PERSYARATAN PPDB SMA

  • Seluruh dokumen persyaratan disiapkan fotocopi dan aslinya untuk diserahkan pada saat daftar ulang setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (Jika masa darurat covid-19 sudah berakhir).
  • Jika masa darurat covid-19 belum berakhir hingga daftar ulang, maka akan di informasikan melalui Website Sekolah atau WA Grup PPDB SMAN 4 Tasikmalaya untuk penyesuaian selanjutnya.

Adapun kelengkapan persyaratan administrasi PPDB yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik baru SMA diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Persyaratan Umum

  • Ijazah
    Ijazah SMP/Sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah  paket B / Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama dengan/setingkat SMP.
  • Akta Kelahiran
    Akta Kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli tahun berjalan atau belum menikah.
  • Kartu Keluarga
    Kartu Keluarga yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orang Tua Peserta Didik.
  • Surat Tanggungjawab Mutlak Orang Tua
    Dokumen Surat Tanggungjawab Mutlak Orang Tua atau pakta integritas yang menyatakan data calon peserta didik asli dan bersedia dikenakan sanksi jika terbukti ada pemalsuan, dibubuhi materai (Rp 6.000) serta ditandatangan orang tua.

2. Persyaratan Khusus

  • Buku Rapor (Untuk Jalur Prestasi Akademik Jalur Nilai Rapor)
    Buku rapor yang berisi nilai rapor minimal semester 1 s.d semester 5
  • Kartu Program Kemiskinan Pemerintah Pusar/Daerah (untuk Jalur Afirmasi) kartu keikut sertaan dalam program penanganan kemiskinan dari pemerintah pusat/daerah (Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan bukti lain yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.
  • Surat  Perpindahan  Tugas  Orang  Tua/Anak  Guru  (untuk  jalur perpindahan)
    Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan yang memberikan tugas.
  • Piagam Prestasi (untuk jalur presatasi kejuaraan/perlombaan)
    Piagam prestasi kejuaraan berjengjang yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan untuk jalur prestasi.
  • Surat Keterangan Domisili (untuk peserta didik dari daerah bencana alam/sosial). Calon peseta didik dari daerah bencana alam atau bencana sosial yang ditetapkan sebagai bencana nasional maupun daerah , menyerahkan surat keterangan domisili dari RT/RW yang dilegalisasi oleh lurah/kepala desa setempat.

H. ALUR VALIDASI DAN PENGISIAN NILAI RAPOR SMP/MTs.

  • Sekolah  SMP/MTs  login  ke  http://sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id, menggunakan akun yang dibagikan oleh Tim PPDB Provinsi Jawa Barat.
  • Sekolah menvalidasi identitas lulusan, apabila terdapat data yang tidak sesuai dapat langsung diperbaiki.
  • Sekolah mengisi form nilai rapor yang tersedia di aplikasi. Nilai rapor yang dimasukan adalah nilai pengetahuan (Ki-3) mata pelajaran kelompok A, yaitu :
NO. MATA PELAJARAN KELOMPOK A
1  Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2  PPKn
3  Bahasa Indonesia
4  Matematika
5  Ilmu Pengetahuan Alama (IPA)
6  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
7  Bahasa Inggris
  • Calon peserta didik/lulusan melakukan pengecekan data identitas dan nilai melalui aplikasi PPDB menggunakan akun yang diberikan melalui sekolah SMP/MTs.
  • Apabila terdapat kesalahan data, lakukan perbaikan data ke sekolah SMP/MTs. melalui media komunikasi jarak jauh (telepon, WA, pesan instan atau lainnya) tanpa perlu melakukan pertemuan langsung atau mendatangi sekolah.
  • Untuk lulusan SMP/MTs. tahun 2019 dan sebelumnya yang akan mendaftar pada PPDB tahun 2020, diharapkan untuk melapor ke sekolah asal agar data identitas dan rapor divalidasi oleh sekolah.

I. ALUR PENDAFTARAN PPDB ONLINE

Ada 3 alur cara pendaftaran PPDB tahun 2020 online. Berikut diuraikan langkah-langkah yang harus dilakukan calon  peserta didik mulai dari persiapan hingga pendaftaran, yaitu :

1. Alur Pendaftaran PPDB Secara Mandiri

a. Persiapan:

  • Calon peserta didik menyiapkan dokumen persyaratan khusus sesuai jalur yang akan dipilih dan memindai (scan) dokumen persyaratan khusus;
  • SMP/MTs./sederajat  meng-input dan  meng-upload nilai raport Calon Peserta Didik, pada tanggal 14 – 30 Mei 2020;
  • Calon Peserta Didik meminta akun dari SMP/MTs. asal melalui media sosial yang memungkinkan dan mengikuti protocol Covid-19, mulai pada tanggal 14 Mei 2020;
  • Calon   Peserta   Didik   login  ke   aplikasi   PPDB   dengan   alamat: http://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id  untuk  mengisi  data  diri dan mengunggah (upload) file hasil scan dokumen persyaratan khusus pada tanggal 21 Mei – 5 Juni 2020.

b. Pendaftaran, tanggal 8 – 12 Juni (tahap 1) atau tanggal 25 Juni – 1 Juli 2020 (tahap 2), sesuai jalur yang dipilih:

  • Calon peserta mempersiapkan akun yg telah dimiliki untuk login ke aplikasi PPDB: http://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id.
  • Calon Peserta didik mengisi data pada aplikasi, memilih jalur PPDB dan sekolah tujuan yang diminati;
  • Calon Peserta Didik melakukan pengecekan ulang data pendaftaran dan melakukan submit data sebagai bentuk pernyataan mendaftarkan diri. Data pendaftaran yang sudah di submit oleh calon peserta didik tidak dapat diubah atau dicabut;
  • Calon Peserta Didik mencetak (print out) bukti pendaftaran.

2. Alur Pendaftaran PPDB melalui Sekolah Asal

a. Persiapan.

  • Calon Peserta Didik menyampaikan data persyaratan khusus sesuai jalur PPDB yang diminati kepada sekolah asal (SMP/ MTs), melalui media sosial yang memungkinkan (foto, atau dikirim melalui jasa pengiriman berbasis online) dengan menerapkan protocol Covid-19;
  • SMP/MTs/sederajat meng-input dan meng-upload nilai raport Calon Peserta Didik, pada tanggal  14 – 30 Mei 2020;
  • Calon  peserta  didik  menginformasikan  jalur  dan  sekolah  yg  dipilih kepada sekolah asal.
  • Sekolah asal login dengan akun yang diperoleh dari panitia PPDB Disdik Provinsi ke aplikasi PPDB dengan alamat: http://sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id, untuk memasukkan data persyaratan khusus calon peserta didik ke aplikasi PPDB pada tanggal 21 Mei – 5 Juni 2020.

b. Pendaftaran, tanggal 8 – 12 Juni (tahap 1) atau tanggal 25 Juni – 1 Juli 2020 (tahap 2), sesuai jalur yang dipilih.

  • Sekolah asal membantu memasukan data jalur PPDB dan sekolah tujuan yg diminati oleh calon peserta didik;
  • Sekolah asal melakukan verifikasi ulang data pendaftaran, dan melakukan submit data calon peserta didik sebagai bentuk pernyataan mendaftarkan diri.
  • Data pendaftaran yang sudah di submit oleh sekolah asal tidak dapat diubah atau dicabut;
  • Sekolah mencetak (print out) bukti pendaftaran.

3. Alur pendaftaran bagi calon peserta didik dari luar Provinsi Jawa Barat

Langkah-langkah yang harus dilakukan calon peserta didik  yang berasal dari luar Provinsi Jawa Barat/Luar Negeri.

a. Persiapan.

  • Calon peserta didik mempersiapkan data nilai rapor dan persyaratan lainnya sesuai jalur yang dipilih;
  • Calon peserta didik melaporkan ke sekolah asal melalui media yang memungkinkan, menginformasikan untuk melanjutkan pendidikan di Provinsi Jawa Barat;
  • Sekolah asal memverifikasi dan validasi data calon peserta didik serta berkordinasi dengan panitia Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui email : disdik@jabarprov.go.id, untuk mendapatkan akun dan menginput identitas dan nilai rapor calon peserta didik pada tanggal 14 – 30 Mei 2020;
  • Calon Peserta Didik meminta akun dari SMP/MTs. asal, mulai tanggal 14 Mei 2020;
  • Calon   Peserta   Didik   login  ke   aplikasi   PPDB   dengan   alamat: http://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id untuk mengisi data diri dan mengunggah (upload) file hasil scan dokumen persyaratan khusus pada tanggal 21 Mei – 5 Juni 2020.

b. Pendaftaran, tanggal 8 – 12 Juni (tahap 1) atau tanggal 25 Juni – 1 Juli 2020 (tahap 2), sesuai jalur yang dipilih:

  • Calon Peserta Didik mempersiapkan akun yang telah dimiliki untuk login ke aplikasi PPDB: http://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id.;
  • Calon Peserta Didik mengisi data pada aplikasi, memilih jalur PPDB dan sekolah tujuan yg diminati;
  • Calon Peserta Didik melakukan pengecekan ulang data pendaftaran dan melakukan submit data sebagai bentuk pernyataan mendaftarkan diri. Data pendaftaran yang sudah di submit oleh calon peserta didik tidak dapat diubah atau dicabut;
  • Calon Peserta Didik mencetak (print out) bukti pendaftaran

 

 

Contact Person Informasi PPDB SMAN 4 Tasikmalaya :

1. Nandang (Kesiswaan) (081320384920)

2. Asep Trimulyana (Kurikulum) (081320310366)

3. Indra Nugraha (Operator IT) (085793360001)


Tell us what you think

Tell us what you're thinking about this content! Get a personal pic from Gravatar and share your thoughts!