You are here:
Home » Akademik » Akreditasi Sekolah 2018

Akreditasi Sekolah 2018

November 14, 2018 by  

Pada tahun 2018 ini tepatnya mulai tanggal 14 s.d. 15 Nopember 2018 sekolah kita SMA Negeri 4 Tasikmalaya kembali akan di Akreditasi. Penilaian atau Akreditasi Sekolah dilakukan setiap 5 tahun dan Akreditasi sebelumnya pada tahun 2013 SMA Negeri 4 Tasikmalaya mendapat peringkat A dengan nilai 97.

Akreditasi sekolah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Dasar hukum Akreditasi Sekolah adalah Undang Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 60, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pasal 60, tentang Akreditasi menjelaskan bahwa:

  • Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  • Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik.
  • Akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.
  • Ketentuan mengenai akreditasi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ayat (2), dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah. 

Akreditasi sekolah/madrasah bertujuan untuk:

  • Memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan SNP;
  • Memberikan pengakuan peringkat kelayakan;
  • Memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP;
  • Memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Hasil akreditasi sekolah/madrasah bermanfaat sebagai:  

  • Acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah/madrasah;
  • Umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah;
  • Motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional;
  • Bahan informasi bagi sekolah/madrasah untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme, moral, tenaga, dan dana;
  • Acuan bagi lembaga terkait dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah/madrasah sebagai penyelenggara ujian nasional.

Untuk melakukan penilaian atau akreditasi, pemerintah dalam hal ini BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) menugaskan Assesor yang sudah memiliki license atau memiliki tanda pengakuan/sertifikat dari suatu institusi yang berkompeten dan diakui oleh penggunanya untuk menerbitkan sertifikat tersebut. Dalam kaitan ini, assessor yang dimaksud adalah seseorang yang memahami prosedur pelaksanaan assessment, dan telah mengikuti pelatihan assessor serta telah mendapat sertifikat kompeten sebagai assessor yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pada Akreditas Sekolah tahun ini yang mendapat tugas sebagai tim assesor di SMA Negeri 4 Tasikmalaya adalah bapak Drs. Deni Hamdani, M.M.Pd. dan bapak Drs. H. Abdul Jalil, MM.

Sistem pelaksanaan akreditasi dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M). Sispena-S/M yang telah diperkenalkan sejak tahun 2017 ini merupakan terobosan BAN-S/M untuk menyederhanakan proses pelaksanaan akreditasi. Dengan Sispena-S/M, asesor didorong untuk melakukan asesmen yang secara langsung bersentuhan dengan mutu satuan pendidikan. Upaya ini akan dilakukan melalui dukungan kebijakan integrasi data yang dilakukan antara Sispena-S/M dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama.

 


Tell us what you think

Tell us what you're thinking about this content! Get a personal pic from Gravatar and share your thoughts!